Puskesmas Mlonggo Berkolaborasi dengan Mahasiswa UGM untuk Suksesnya Program Vaksinasi Polio di Desa Karanggondang

  • Jan 17, 2024
  • Admin Sideka-NG
  • KESEHATAN

Dalam upaya untuk melindungi kesehatan anak-anak di Desa Karanggondang, Puskesmas Mlonggo, berkolaborasi dengan mahasiswa KKN-PPM dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Periode 4 Tahun 2023, melakukan pemberian vaksinasi polio. Inisiatif ini, didukung oleh anggota kader Posyandu yang berdedikasi, memastikan distribusi tetes polio yang merata di 12 lokasi Posyandu di Desa Karanggondang. Program vaksinasi ini tidak hanya berfokus di Posyandu, tetapi juga mencakup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD) di Desa Karanggondang.

Proses vaksinasi dimulai pada pukul 8 pagi dan berakhir pada pukul 11 siang, diakhiri dengan acara makan siang bersama di Balai Desa. Penjadwalan yang tepat ini memungkinkan koordinasi yang lancar dalam upaya vaksinasi dan semangat kolaboratif masyarakat. Tujuan utama kampanye vaksinasi ini adalah mencegah penyebaran polio di kalangan anak-anak Desa Karanggondang, sekaligus mendukung agenda nasional untuk mewujudkan Indonesia Bebas Polio. Kolaborasi ini menegaskan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam inisiatif kesehatan publik dan menjadi bukti komitmen otoritas kesehatan lokal dan institusi pendidikan.

Seiring dengan kesuksesan program vaksinasi polio di Karanggondang, upaya bersama Puskesmas Mlonggo, mahasiswa UGM, dan anggota kader Posyandu diharapkan memberikan hasil yang signifikan yang dapat dicapai melalui inisiatif perawatan kesehatan berbasis masyarakat yang kolaboratif.