Mahasiswa KKN-PPM UGM Luncurkan Program Eco-Enzyme untuk Ibu Rumah Tangga di Desa Karanggondang

  • Jan 27, 2024
  • Admin Sideka-NG
  • LINGKUNGAN

Pada tanggal 22 Januari 2024, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM UGM Periode 4 Tahun 2023 meluncurkan program inovatif yang menyasar ibu-ibu rumah tangga di Desa Karanggondang. Program ini menitikberatkan pada pembuatan eco-enzyme, sebuah solusi kreatif untuk mengurangi sampah organik buah dan sayur di tingkat rumah tangga.

Dengan harapan agar masyarakat dapat dengan mudah menerapkan teknik ini di berbagai kalangan, program ini menarik perhatian karena bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan. Dalam waktu singkat, hanya 1 bulan, proses fermentasi eco-enzyme ini dapat diselesaikan. Teknologi ramah lingkungan ini menjanjikan berbagai manfaat, termasuk sebagai pestisida alami, pupuk cair tanaman, dan pengurang limbah detergen di perairan.

Inisiatif ini menegaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan. Dengan fokus pada ibu rumah tangga sebagai target utama, program ini bukan hanya merangsang kesadaran ekologis, tetapi juga memberikan solusi praktis untuk mengelola sampah organik di tingkat rumah tangga, menciptakan dampak positif yang dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat Desa Karanggondang.